Kamis, 14 April 2016

AKUNTANSI INTERNASIONAL BAB 4 PELAPORAN DAN PENGUNGKAPAN (SOFTSKILL)

BAB 4
Pelaporan dan Pengungkapan

Kepentingan relatif pada pasar ekuitas dalam perekonimian nasional yang tumbuh dan investor individual menjadi lebih aktif dalam pasar ini. Sebagai hasilnya, pengungkapan publik, proteksi investor, nilai pemegang saham, dan pasar modal terbentuk dari pengelolaan perusahaan menjadi sangat penting. Pemerintah mengatur siapa yang menjaga atau meningkatkan kredibilitas pasar modal mereka juga mempengaruhi praktik pengungkapan seluruh dunia. Bursa saham telah dapat disimpulkan bahwa mereka terus tumbuh dan berhasil mempertahankan penawaran pasar berkualitas tinggi dengan proteksi investor efektif. Hasilnya, kekeliruan pengatur dan bursa saham meningkat dan kebutuhan akan pengungkapan menjadi lebih keras. Dikarenakan maraknya proteksi lebih terhadap investor dan mempertinggi pengungkapan akan terus berjalan seperti halnya bursa saham menghadapi persaingan dari satu sama lain dan dari sistem perdagangan yang kurang teratur.

A. Perkembangan Pengungkapan
            Standard dan praktik pengungkapan dipengaruhi oleh sumber - sumber keuangan, undang – undang, berhubungan dengan politik dan ekonomi, tingkat perkembangan ekonomi, pendidikan, budaya, dan faktor – faktor lainnya. Perbedaan pengungkapan nasional sebagian besar didorong oleh perbedaan di pengelolaan dan keuangan perusahaan. Di Amerika Serikat, Inggris Raya, dan Negara Anglo – Amerika lainnya, ekuitas pasar paling berjasa dalam menyediakan keuangan bagi perusahaan dan menjadi sangat maju. Di negara – negara lainnya seperti Prancis, Jerman, Jepang, dan berbagai Negara dengan pasar yang baru muncul, pemegang saham tetap dterkonsentrasi dan bank ( dan/atau pemiliknya keluarga) secara tradisional telah menjadi sumber keuangan utama perusahaan.

B. Pengungkapan Sukarela
            Manajer memiliki informasi yang lebih baik daripada pihak luar mengenai performa perusahaan mereka saat ini dan kedepannya. Beberapa kajian menunjukan bahwa manajer berinisiatif untuk mengungkap informasi seperti itu secara sukarela. Keuntungan dair pengungkapan tersebut mungkin menyangkut biaya transaksi yang lebih rendah dalam perdagangan sekuritas perusahan, bunga yang lebih tinggi dari analis keuangan dan investor, meningkatkan likuiditas saham dan biaya modal yang bisa mencapai keuntungan dalam pasar modal dengan mempertinggi pengungkapan mereka secara sukarela. Dalam sebuah karya klasik, penulis berpendapat bahwa komunikasi manajer dengan investor luar tidak sempurna ketika (1) manajer memiliki informasi kuat tentang perusahaan mereka, (2) insentif manajer tidak sesuai dengan bunga dari semua pemegang saham, dan (3) peraturan akuntansi dan audit tidak sempurna.


C. Kebutuhan Pengaturan Pengungkapan
            Untuk melindungi investor, sebagian besar bursa sekuritas menetukan laporan dan kebutuhan pengungkapan pada perusahaan domestik dan asing yang mencari akses untuk pasar mereka. Bursa saham dan pengaturan pemerintah secara umum membutuhkan perusahaan asing yang terdaftar untuk melengkapi semua informasi keuangan dan non keuangan yang hamper sama seperti yang dibutuhkan untuk perusahaan domestik. Proteksi pemegang saham bermacam – macam di seluruh negara. Di Amerika Serikat, Inggris Raya, dan Negara Anglo – Amerika lainnya memberikan investor proteksi ekstenstif dan ketat. Sebaliknya, proteksi pemegang saham kurang member tekanan di bagian lain dunia. Sebagai contoh Cina melarang perdagangan orang dalam, yurisdiksinya yang lemah membuat pelaksanaannya hamper tak terlihat. Undang – undang perlindungan pemegang saham di Republik Ceko, Meksiko, dan Negara – Negara dengan ekonomi pasar yang baru muncul juga bersifat elementar.
            Fost dan Lang Membahas dua objek investor berorientasi pasar ; perlindungan investor dan kualitas pasar.
-          Proteksi Investor
-          Kualitas Pasar

Fost dan Lang juga mengulas empat prinsip pada investor yang berorientasi pasar yang harus dijalankan.
1.      Keefektifan biaya
2.      Fleksibilitas dan kebebasan pasar
3.      Laporan keuangan transparan dan pengungkapan menyeluruh
4.      Perlakuan setara perusahaan domestic dan asing

D. Pembahasan Laporan Keuangan SEC Amerika Serikat
            SEC secara umum mewajibkan pendaftar asing untuk melengkapi informasi keuangan yang pada hakikatnya sama dengan yang dibutuhkan perusahaan domestic. Akan tetapi, laporan keuangan pendaftar tidak harus disiapkan menurut GAAP Amerika Serikat jika mereka disajikan sesuai dengan prinsip lembaga akuntansi secara menyeluruh dan  dilengkapi dengan rekonsiliasi kuantitatif dengan pendapatan bersih GAAP Amerika Serikat, ekuitas pemegang saham, dan pendapatan per saham, jika secara material berbeda. Syarat laporan SEC secara umum konsisten dengan sasaran proteksi investor dan kualitas pasar. Akan tetapi, kebutuhan laporan yang kuat mungkin meraih tujuan proteksi investor pada kesempatan mengurangi biaya investasi modal atau mengesankan biaya transaksi tinggi dalam berinvestasi.Beberapa pengamat menyatakan bahwa syarat laporan keuangan SEC bagi perusahaan asing menghalangi mereka dari pembuatan sekuritas mereka yang ada di Amerika Serikat. Sebagai akibatnya, telah ditegaskan, investor Amerika Serikat lebih suka berdagang di pasar seperti Over-the-Counter ( OTC ) AS atau pasar luar negeri di mana likuiditas relatif rendah, biaya transaksi relatif tinggi, dan proteksi investor kurang penting daripada dalam pertukaran nasional di Amerika Serikat.

E. Praktik Pelaporan dan Pengungkapan
            Laporn pengungkapan laporan tahunan memperlihatkan respons manajer terhadap kebutuhan pengaturan pengungkapan dan insentif mereka menyediakan informasi laporan keuangan pengguna secara sukarela. Untuk beberapa jenis pengungkapan sulit. Oleh karena itu, jenis pengungkapan ini kurang lebih sukarela. Akhirnya, peraturan pengungkapan bermacam – macam di seluruh dunia pada area seperti perubahan laporan ekuitas, transaksi dengan pihak terkait, segmen pelaporan, harga pasar asset dan utang financial, dan pendapatan per saham. Pada bagian ini fokus terhadap
1.      Pengungkapan terhadap informasi ke depan
2.      Segmen pengungkapan
3.      Pelaporan tanggung jawab social
4.      Pengungkapan khusus untuk laporan keuangan non domestic
5.      Pengungkapan pengaturan perusahaan
6.      Pengungkapan dan laporan usaha internet.
Semua pengungkapan dan pelaporan ini dipilih karena atas dasar kepentingan pengguna laporan keuangan.

Pengungkapan Informasi Progresif
            Pengungkapan informasi progresif adalah pertimbangan tinggi yang relevan di dalam kesetaraan pasar dunia. Dalam hal ini, istilah informasi progresif meliputi :
1.      Perkiraan pendapatan, laba/rugi, arus kas, pengeluaran modal, dan hal-hal keuangan lainnya.
2.      Tujuan informasi mengenai kinerja dan posisi ekonomi di masa depan yang tidak menentu daripada perkiraan menyangkut proyek, periode fiscal dan proyeksi jumlah.
3.      Laporan program dan sasaran manajemen untuk usaha di masa depan.
Ketiga kategori informasi progresif ini menjadi lebih umum sebagaimana kita berangkat dari
1.      Perkiraan
2.      Informasi potensial
3.      Sasaran dan tujuan

F. Pengungkapan Segmen
            Investor dan analisis menuntut informasi hasil perusahaan industri dan segmen geografis usaha dan keuangan signifikan dan berkembang. IFRS mencakup laporan keuangan segmen yang sangat lengkap, seperti halnya standar akuntansi di berbagai Negara. Pengungkapan segmen lebih membantu pengguna laporan keuangan untuk memahami bagaimana bagian- bagian perusahaan menata semuanya. Setelah itu, alur produk dan wilayahn di dunia memiliki resiko yang beragam, pengembalian dan kesempatan. Pemisahan jalur usaha dan area geografis harus membuat penilain yang lebih terpapar tentang keseluruhan perusahaan.

G. Pelaporan Pertanggungjawaban Sosial
            Laporan pertanggungjawaban social mengacu pada pengukuran dan kommunikasi informasi tentang pengaruh perusahaan terhadap kemakmuran pegawai, komunitas social dan linngkungan. Laporan ini juga menjadi sebuah cara untuk menunjukan sebagai perusahaan penduduk Hal ini mencerminkan sebuah kepercayaan bahwa perusahaan bergantung pada pemegang saham dalam laporan kinerja terhadap lingkungan social mereka seperti halnya laporan keuangan yang mereka bagikan kepada pemegang saham

H. Pengungakapan Khusus bagi Pengguna Laporan Keuangan Non – Domestik dan Prinsip Akuntansi yang Digunakan.
            Laporan tahunana bisa meliputi pengungkapan khusus untuk mengakomodasi pengguna laporan keuangan non domestic. Pengungkapan tersebut meliputi :
1.      “laporan ulang yang mudah” tentang informasi keuangan ke dalam mata uang asing
2.      Pembahasan perbedaan prinsip akuntansi yang digunakan dalam laporan keuangan utama dan beberapa ketetapan standar akuntansi lainnya
3.      Posisi dan laporan keuangan ulang terbatas di ketetapan standar akuntansi yang kedua
4.      Sebuah laporan keungan lengkap disiapkan yang berhubungan dengan ketetapan prinsip akuntansi kedua.

I. Pengungkapan Pengelolaan Perusahaan
            Pengelolaan perusahaan berhubungan dengan sarana internal di mana perusahaan dijalankan atau dikendalikan – tanggung jawab, akuntanbilitas, hubungan di antara pemegang saham, anggota direksi dan manajer yang disusun supaya mencapai sasaran perusahaan. Dallas memberikan sebuah rancangan kerja untuk memahami dan menilai pengelolaan perusahaan di sebuah Negara. Empat komponen dari rancangan kerjanya adalah :
1.      Infrastruktur Pasar
2.      Lingkungan Hukum
3.      Lingkungan Peraturan
4.      Infrastruktur Informasi.

J. Pengungkapan dan Laporan Bisnis di Internet
            World Wide Web terus digunakan sebagai sebuah ruang penyebaran informasi dengan media cetak yang selalu mendapat peran kedua. Sebuah perkembangan penting yang akan memfasilitasi pelaporan bisnis melalui web adalah Extensible Bussiness Reporting Language (XBRL), yaitu sebuah sistem penamaan informasi atau data. TANDA data yang bekerja seperti barcode, menggambarkan informasi keuangan yang mereka pasangkan. Sekali ditetapkan, XBRL akan secara otomatis menerjemahkan informasi bisnis apa pun yang dikehendaki  kata-kata atau angka- sehingga informasi hana perlu dimasukkan sekali. Pengelompokkan XBRL telah dikembangkan untuk GAAP AS dan Jerman serta untuk IFRS yang mampu membuat persiapan laporan keuangan sesuai dengan semua standar akuntansi ini.

Sumber: Choi, Frederick D. S, Meek, Gary K, 2005, Akuntansi Internasional, Buku 1 Edisi 5, Jakarta; Salemba Empat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar